INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Capaian Pembelajaran Lulusan

Setelah menyelesaikan pendidikan di Program Studi Teknik Sipil, diharapkan mahasiswa memiliki sikap dan tata nilai, kompetensi umum dan kompetensi khusus sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia.

3.1 Sikap

Setiap lulusan Program Studi Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya harus memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut:

Kode Rumusan Capaian Sikap
3.1.1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
3.1.2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3.1.3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
3.1.4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada bangsa dan negara;
3.1.5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
3.1.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
3.1.7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
3.1.8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
3.1.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
3.1.10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
3.1.11. Menginternalisasi nilai-nilai jaya: integritas, adil, komit, dorongan berprestasi, dan intrapreneurship;
3.1.12. Memiliki motivasi untuk selalu mengembangkan diri dan belajar sepanjang hidup; dan
3.1.13. Menjunjung tinggi etika keprofesian insinyur dalam menjalankan tanggung jawab pekerjaan di bidang teknik sipil.

3.2 Keterampilan Umum

Setiap lulusan Program Studi Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya harus memiliki kompetensi umum sebagai berikut :

Kode Rumusan Capaian Keterampilan Umum
3.2.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
3.2.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3.2.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
3.2.4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
3.2.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
3.2.6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
3.2.7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
3.2.8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
3.2.9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.


3.3 Keterampilan Khusus

Setiap lulusan Program Studi Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya harus memiliki kompetensi khusus sebagai berikut :

Kode Rumusan Capaian Keterampilan Khusus
3.3.1. Mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menyelesaikan masalah
3.3.2. Mampu menerapkan Nilai-Nilai Jaya untuk menjadi insan yang bermartabat
3.3.3. Memiliki wawasan ilmu pengetahuan di luar bidang studi yang dipelajarinya, terkait dengan urban development dan urban lifestyle.
3.3.4. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan keseimbangan alam/lingkungan (Sustainable Eco Development);
3.3.5. Memiliki jiwa kewirausahaan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.
3.3.6. Memiliki sertifikat Bahasa Inggris (TOEIC) dan sertifikasi ICT atau sesuai dengan bidang keahilan terkait.
3.3.7. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) melalui proses penyelidikan dan  analisis untuk menyelesaikan masalah pada bidang teknik sipil;
3.3.8. Mampu melakukan perhitungan dan analisis gaya dan tegangan pada bangunan infrastruktur dan faktor-faktor yang menentukan dalam perancangan kekuatannya;
3.3.9. Mampu melakukan analisis dan perancangan yang standar pada bidang teknik struktur, geoteknik, teknik transportasi, teknik sumber daya air, serta manajemen dan rekayasa konstruksi sepanjang siklus bangunan;
3.3.10. Mampu merumuskan solusi alternatif untuk masalah rekayasa pada struktur konstruksi bangunan, transportasi, sumber daya air, geoteknik dan manajemen konstruksi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan kerja, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration);
3.3.11. Menguasai pengetahuan tentang karakteristik sifat bahan konstruksi sehingga mampu menentukan pemilihan material dengan alternatif solusi yang dibutuhkan;
3.3.12. Menerapkan metode pelaksanaan, pengelolaan dan pembongkaran proyek bangunan sipil yang mengacu pada prinsip aspek keselamatan, kesehatan kerja dan keberlanjutan lingkungan;
3.3.13. Mampu melaksanakan eksperimen laboratorium dan pemetaan lapangan sesuai standar pada bidang teknik sipil;
3.3.14. Mampu menggunakan aplikasi teknologi melalui perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai untuk analisis teknik dan menghasilkan gambar kerja, laporan, estimasi biaya, dan dokumen lain pada bidang teknik sipil;
3.3.15. Mampu menghasilkan analisis ekonomi dan estimasi biaya berkaitan dengan perancangan, pelaksanaan, pengoperasian, dan pemeliharaan pada bidang teknik sipil.


Capaian Pembelajaran Lulusan (File PDF)