INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Sistem Pembelajaran

SISTEM PEMBELAJARAN PRODI TEKNIK SIPIL

Ilmu Teknik Sipil merupakan ilmu rekayasa fisik yang berkaitan dengan kegiatan perancangan, pembangunan, maupun perawatan struktur dan lingkungan buatan untuk kebaikan manusia. Perkuliahan Teknik Sipil di Universitas Pembangunan Jaya didukung "laboratorium hidup" pada perusahaan Jaya Group untuk mengaktualisasikan ilmu yang dipelajari di kampus.

Program Studi Teknik Sipil UPJ menerapkan sistem pembelajaran berdasarkan "Problem Based Learning" (PBL) yang memampukan mahasiswa merancang solusi berdasarkan analisis yang komprehensif. Selain itu, pembelajaran dilakukan dalam kelas dan di lapangan sehingga mahasiswa mendapatkan teori dan aplikasi secara menyeluruh.

Teknik Sipil UPJ menyiapkan lulusan dengan kompetensi handal. Selain kualitas keilmuan yang baik, pembekalan softskill yang kuat diharapkan dapat mempercepat kemajuan karir para lulusan baik di Jaya Group, perusahaan lain, maupun dalam kegiatan wirausaha.

Metoda pembelajaran yang diterapkan di Program Studi Teknik Sipil, meliputi:

Student-Centered Learning (SCL)

Dimana dosen lebih berperan sebagai fasilitator. Pembelajaran akan lebih berpusat kepada aktivitas belajar mahasiswa, bukan hanya pada aktivitas dosen mengajar. Mahasiswa belajar secara individu dan kelompok untuk membangun pengetahuan, dengan cara mencari dan menggali sendiri informasi dan teknologi yang dibutuhkan secara aktif. Mahasiswa tidak hanya menguasai isi mata kuliahnya, tetapi mereka juga belajar tentang bagaimana belajar (learn how to learn), melalui discovery, inquiry, dan problem solving dan terjadi pengembangan.

Bimbingan/Tutorial

Yaitu pendalaman aspek teknis dari yang sudah disampaikan oleh dosen yang dilakukan pada pertemuan terpisah oleh dosen atau asisten dosen. Pertemuan terpisah yang dilakukan di kelas disebut kelas bimbingan sedangkan jika dilakukan di kelas laboratorium disebut kelas laboratorium.

Laboratory (Laboratorium)

Prodi Teknik Sipil memiliki Laboratorium hidup dan Laboratorium riset, dimana Laboratorium hidup adalah Proyek Nyata di lapangan kerja seperti Proyek Apartemen, Proyek Bendungan, Proyek Stadium, dsbb. Di Lain sisi saat ini Prodi Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya memiliki 4 (empat) laboratorium yang dapat menunjang kegiatan akademik yaitu Laboratorium Teknologi Beton dan Bahan, Laboratorium Perkerasan Jalan Raya (Laboratorium Aspal), Laboratorium Mekanika Tanah dan Laboratorium Ilmu Dasar Sains yang tentu saja mendukung mata kuliah Pengantar Material Konstruksi, mata kuliah Perkerasan Jalan, mata kuliah Ilmu Dasar Sains dan juga mata kuliah Mekanika Tanah.

Magang/Kerja Praktek (KP)

Tujuan dari program magang ini adalah memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan mereka sekaligus mempraktekkan langsung ilmu yang mereka dapat lewat bangku kuliah ke dunia kerja nyata; tentunya mereka juga akan mendapat pengalaman berharga bekerja dalam lingkungan kerja. Rencana kerja pemagang sangat tergantung di seksi mana mereka ditempatkan. Program ini adalah program penuh waktu dengan ketentuan: pemagang diwajibkan bekerja lima hari seminggu dari jam 08.00 – 16.00 di seksi bersangkutan; pemagang juga harus melakukan pekerjaan yang telah diberikan di bawah pengawasan staf (mentor).

Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Program Studi Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) memiliki program sejalan dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi dan meningkatkan link and match antara lulusan pendidikan tinggi dengan dunia kerja di era industri 4.0. Program Studi Teknik Sipil selalu berupaya mengejawantahkan karakter lingkungan pendidikan bagi mahasiswa yang nanti memiliki kesempatan mendapatkan pengalaman belajar terutama di proyek yang khas pekerjaan impian seorang sarjana teknik sipil, karena Program Studi Teknik Sipil UPJ memiliki privilege dengan seluruh grup Jaya antara lain: PT Jaya Konstruksi Tbk, PT Jakarta Tollroad Development, PT Arkonin, dsb. Kerja sama ini, bagi dosen memberikan kesempatan untuk mengingkatkan kualitas pengajaran dalam segi konten dan metode pembelajaran yang dapat berinteraksi dengan dunia nyata teknik sipil. Bagi program studi, kerja sama ini memberikan kesempatan untuk menjadikan Teknik Sipil UPJ sebagai pusat pembelajaran dan pusat keunggulan dalam pelaksanaan program MBKM serta pengembangan keilmuan. Bagi perguruan tinggi nantinya memberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma PT. Bagi mitra Jaya group, kerja sama ini dapat memberikan kesempatan untuk memperoleh lulusan UPJ yang berkualitas sesuai dengan bidang yang diperlukan serta luaran produk ilmiah UPJ yang dapat meningkatkan kualitas Jaya. Sementara itu, bagi mitra institusi pendidikan tinggi yang berkolaborasi bersama UPJ, mitra PT ini dapat mengenal Jaya dan bersinergi bersama UPJ dan mitra industrinya.

Tabel 1 Data dan Jumlah Mahasiswa Merdeka Belajar Setiap Skema MBKM

No. Skema Tahun Akademik Jumlah Mahasiswa
1 Pertukaran Mahasiswa Internal(Prodi Teknik Sipil ke Prodi Lain) Gasal 2020 - 2021 11
2 Pertukaran Mahasiswa Eksternal(Prodi di Universitas Halmahera ke Prodi Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya) Gasal 2020 - 2021 6
3 Program Permata Sakti(Mata kuliah Pembangunan Berkelanjutan) Gasal 2020 - 2021 11
4 Program RPL(Mata kuliah Pembangunan Berkelanjutan) Gasal 2020 - 2021 50
5 Magang Industri Gasal 2020 - 2021 2
6 Penelitian (Riset) Gasal 2020 - 2021 2
7 Proyek Desa Gasal 2020 - 2021 2
8 Magang Industri Genap 2020 - 2021 9
9 Magang Bersertifikat BUMN Genap 2020 - 2021 2